Rabu, 18 Oktober 2017

6 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh


Kopi ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi sebagaimana mestinya. Bermanfaat untuk kesehatan karena kopi hitam mengandung antioksidan dan nutrisi.

Sebaliknya, jika mengkonsumsi nya secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang kurang baik untuk kesehatan. Jika terlalu banyak minum kopi bisa beresiko menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Namun selama tidak mengkonsumsinya secara berlebih kopi justru menberikan manfaat untuk kesehatan seperti menambah energi dan stamina. Itu sebabnya mengkonsumsi kopi dapat membuat mata anda tetap terjaga.

Selain manfaat diatas berikut ini beberapa manfaat lain dari kopi jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

6 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh


1. Menghilangkan Depresi
Depresi adalah bentuk kekecewaan yang disebabkan karena tidak berjalannya suatu harapan sesuai dengan kenyataan yang ada. Nah dengan minum kopi dapat mencegah terjadinya depresi.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa minum kopi mampu mengurangi resiko terkena depresi sebesar 10 persen, jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak minum kopi sama sekali. Namun ada hal yang unik, walaupun soda memiliki zat kafein di dalamnya penelitian para ahli tidak menemukan adanya manfaat minuman bersoda untuk meminimalisir masalah depresi.

Hal itu disebabkan karena kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda, oleh karena itu agar anda dapat memperoleh manfaat kopi secara maksimal baiknya tidak mengkonsumsi kopi dengan kandungan gula yang tinggi.

2. Meningkatkan Daya Ingat
Seiring dengan pertambahn usia semua orang akan mengalami kemunduran daya ingat dan meningkatkan risiko penyakit Demensia, Parkinson dan Alzheimer. Supaya tidak terjadi lebih awal rajinlah untuk mengkonsumsi kopi hitam.

Kopi hitam membantu otak tetap aktif dan membantu meningkatkan daya ingat. Studi mengatakan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko Alzheimer sebesar 65% dan Parkinson sebesar 60%.

Namun tetap harus diingat untuk selalu mengkonsumsi kopi hitam ini dalam jumlah yang cukup dan tidak boleh berlebihan.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh dan Menurunkan Berat Badan
Metabolisme tubuh diperlukan untuk menjaga kelancaran kinerja organ - organ anda di dalam tubuh. Jika anda sakit atau kurang olahraga maka metabolisme tubuh ini dapat terganggu, oleh karena itu untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap prima salah satunya dengan kopi hitam.

Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen dan dapat membakar lemak di perut sehingga membantu menurunkan berat badan dengan cepat tentunya dengan dibarengi olahraga.

4. Meningkatkan Kinerja Fisik
Salah satu manfaat terbaik dari kopi hitam yaitu meningkatkan kinerja fisik sebesar 100 %. Kopi bekerja dengan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah dan menangkal fungsi dari adenosin sehingga memberikan efek berupa:
Rasa mengantuk menurun.
Timbul rasa segar di badan.
Mata dapat lebih lebar terbuka.
Muncul rasa sedikit gembira.
Tekanan darah agak meningkat.
Detak jantung meningkat.

Hati akan melepas gula ke aliran darah dengan lebih banyak, hal inlah yang memberikan tambahan tenaga bagi tubuh.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, mengungkapkan bahwa kandungan kafein pada kopi mampu memperkuat daya tahan tubuh dalam menghadapi aktivitas sehari-hari.

5. Antioksidan
Antioksidan merupakan zat alami yang di produksi langsung oleh tubuh dari dalam yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas yang membuat penuaan dini pada kulit.

Namun terkadang jumlah antioksidan tersebut tidak mencukupi sehingga diperlukan tambahan dari luar tubuh. Contohnya dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan anti oksidan alami.

Nah selain buah dan sayuran ternyata kopi juga memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa kopi hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, bahkan setara pada sebagian sayuran dan buah-buahan.

6. Menurunkan Resiko Kanker
Hasil Studi mengatakan bahwa kopi dapat membantu menurunnya risiko kanker, yaitu berupa penurunan risiko kanker hati, kanker endometrium, kanker mulut, kanker kulit, kanker payudara dan kanker prostat.

Hanya saja dari beberapa studi yang dianalisa tersebut, belum tentu bisa secara akurat melakukan perhitungan berbagai faktor risiko kanker, Sehingga masih ada kemungkinan bahwa ada faktor lain selain kopi yang memperngaruhi hasil studi. Oleh karena itu penelitian ini belum bisa dikatakan akurat 100%. Nah dari beberapa manfaat kopi di atas.

Kopi juga memiliki effek samping seperti:
Susah tidur (insomnia), muncul sakit kepala, mudah gugup, bahkan bisa cepat marah ketika Anda minum kopi terlalu banyak.
Menyebabkan detak jantung lebih cepat.
Meningkatkan asam lambung sehingga muncul gejala sakit maa.
Jika terlalu berlebihan minum kopi dapat menyebabkan daa tahan tubuh menurun sampai dengan mengakibatkan rentan terkena serangan jantung dan stroke.