Rabu, 18 Oktober 2017

8 Bahaya yang diakibatkan Kurang Tidur


Anda pekerja kantoran, atau mahasiswa? ya tentu saja anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya begadang.

Jika anda yang berkerja di perkantoran begadang biasanya dilakukan ketika anda mempunyai pekerjaan tambahan atau pekerjaan anda diharuskan selesai lebih cepat, sedangakan mahasiswa kebanyakan memilih malam hari untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah nya, hingga pada akhirnya mereka begadang karena tugas yang begitu banyak , bahkan ada yang sampai tidak tidur semalaman karena mengerjakan tugas. namun ada juga yang begadang hanya untuk sekedar nonton film, biasanya ini kebanyakan di lalukan oleh prempuan yang suka dengan drama korea.

Tapi tahukah anda, kurang tidur bisa berdampak buruk untuk kesehatan kita.??

Lalu apakah kita bisa menggantikan waktu tidur malam oleh tidur siang? Menurut pakar, tidur siang tidak dapat menggantikan manfaat tidur malam,

Beberapa hal yang akan anda alami ketika anda kurang tidur, ngantuk di siang hari, tidak fokus, grogi, atau males-malesan. Tapi, apa anda yakin kalau efek kurang tidur cuma itu-itu aja?

Tidur idealnya adalah 7-9 jam perhari. Bagaimana jika seseorang tidak memiliki waktu tidur ideal itu? Kurang tidur dalam satu malam aja mungkin tidak akan berbahaya, tapi kalau sudah seminggu? Atau, begadang justru sudah jadi kebiasaan kamu selama bertahun-tahun? Maka 8 hal berbahaya ini bisa terjadi.


1. Depresi
Kurang tidur karena berbagai sebab juga bisa menyebabkan depresi yang sangat berat. Hal ini paling sering terjadi pada orang yang memiliki kebiasan hanya tidur selama kurang dari enam jam perhari. Gejala yang paling sering di temukan adalah seperti suasana hati akan berubah menjadi tidak nyaman. menjadi lebih sensitive, mudah marah, mood terganggu, serta gelisah berlebihan. Depresi bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit termasuk jantung dan kanker.

2. Kemampuan Belajar Terganggu
Bagi pelajar dan mahasiswa kurang tidur bisa menyebabkan kurangnya kemampuan kognitif. Hal ini disebabkan karena kurang tidur akan membuat otak kurang konsentrasi, tidak bisa memiliki ingatan yang baik, tidak bisa menggunakan nalar dengan baik dan sulit untuk menemukan solusi masalah. Hingga masalah yang sangat komplek seperti penundaan kelulusan dan penurunan prestasi.

3. Daya Tahan Tubuh Lemah
Ketika tubuh sedang tidur sebenarnya tetap bekerja namun tidak bisa kita sadari sepenuhnya. Tubuh saat tidur tetap memproduksi sitokin dan antibodi yang bisa melawan infeksi. Jadi zat ini akan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus terutama ketika bakteri dan virus melawan antibodi saat tidur. Jadi tidur yang kurang akan membuat tubuh tidak memiliki sitokin dan akibatnya maka tubuh akan terlihat sangat lemah, lelah dan tidak memiliki sistem kekebalan yang baik dan pada akhirnya menyebabkan virus dengan mudah masuk ke tubuh anda.

Meskipun anda makan banyak atau rajin minum obat jika tidur anda kurang maka anda akan mudah terserang penyakit

4. Tekanan Darah Tinggi
Orang yang kurang tidur atau sering begadang akan mengalami perubahan pada fungsi tubuh mereka salah satunya tekanan darah naik atau hipertensi.

dengan tidur yang cukup bisa menetralkan sistem pembuluh darah dan kerja jantung menjadi lebih maksimal. Namun ketika tidur tidak cukup selama terus menerus maka tekanan darah tinggi terjadi karena pembuluh darah tidak bisa bekerja dengan baik. Akibatnya bisa sangat berbahaya untuk orang yang memang sudah menderita tekanan darah tinggi.

5. Ingatan yang buruk
Ketika tidur sebenarnya otak bekerja untuk mengingat, menyimpan memori dan mengolah data yang didapatkan dari syaraf kecil pada saat masih sadar. Jadi ketika kurang tidur maka otak Anda tidak mengumpulkan data dan menyimpan memori dengan benar. Akibatnya maka ingatan akan melemah dan kemampuan kognitif lain juga ikut terpengaruh. Parahnya ini dapat mengakibatkan kerusakan pada otak yang kemudian bisa berakibat hilang ingatan.

6. Obesitas
Ketika tubuh kurang tidur maka biasanya akan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi hal ini sudah dibuktikan dalam 18 penelitian di tahun 2012, bahwa pola makan dan pola tidur memang berkaitan.

Kurang tidur berakibat pada perubahan hormon dalam tubuh. Produksi ghrelin (hormon yang menambah nafsu makan) bertambah, sementara produksi leptin (hormon yang mengontrol pola makan) berkurang.

Nah bagi anda yang suka begadang inilah alasan kenapa ketika begadang malam-malam bawaan nya lapar.

7. Resiko Diabetes
Peneliti menemukan kalau orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam akan mengalami penurunan jumlah insulin, ketika tubuh memiliki banyak kadar gula dalam darah namun insulin dalam tubuh tidak dalam jumlah yang cukup maka akan menyebabkan terkena resiko diabetes.

Insulin ini berfungsi untuk mengatur gula darah. inilah alasan kenapa orang yang kurang tidur berpotensi mengalami penyakit diabetes.

8. Penyakit Jantung
Sistem jantung pada dasarnya bisa bekerja dengan baik sesuai dengan kondisi tubuh. Jika Anda sama sekali tidak memiliki kelainan jantung atau gejala penyakit jantung, maka kebiasaan kurang tidur bisa menyebabkan masalah jantung. Hal ini disebabkan karena sistem pembuluh darah dan kekuatan jantung saat memompa darah tidak bisa berjalan dengan baik. Beberapa gangguan yang paling sering terjadi adalah seperti serangan jantung, gagal jantung, detak jantung yang terlalu cepat dan denyut jantung yang tidak teratur. Kondisi jantung yang kurang baik juga bisa meningkatkan resiko penyakit lain. Jadi tidur cukup akan mengurangi resiko masalah kesehatan pada jantung.

Menurut penelitian, resiko terkena penyakit jantung bagi mereka yang kurang tidur adalah 48%.