Senin, 23 Oktober 2017

Kulit Sayuran dan Buah ini Kaya akan Nutrisi

Kulit Sayuran dan Buah ini Kaya akan Nutrisi - Sayuran dan buah paling dikenal sebagai makanan sumber serat alami, antioksidan, vitamin, mineral dan rendah mengandung kalori, lemak jenuh dan kolesterol. Beberapa jenis sayuran tertentu mungkin memiliki keunikan tersendiri dalam hal kandungan nutrisinya, sehingga mengkonsumsi beraneka ragam sayuran setiap hari sangat dianjurkan untuk kesehatan yang optimal. Diantara sekian banyak jenis sayuran berikut beberapa jenis sayuran dan buah yang kulitnya dapat Anda konsumsi karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin.


1. Brokoli
Brokoli
Gambar: brilio.net

Menurut ahli gizi Jessica Jones, brokoli kaya akan beta karoten, antioksidan, dan folat. Jadi gunakanlah semua bagian dari sayuran ini, jangan ada yang dibuang hingga ke tangkai dan daunnya. Selain itu rasanya juga lezat, bisa diumis atau diracik menjadi salad segar.

Brokoli segar juga merupakan gudangnya fitonutrisi yang yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa ini akan memodifikasi sinyal positif pada tingkat reseptor molekul, dan membantu melindungi kita dari resiko kanker prostat, usus besar, kandung kemih, pankreas, dan kanker payudara. Sementara itu brokoli rendah kalori,banyak mengandung serat, dan merupakan sumber mineral yang baik.

2. Daun Wortel
Daun Wortel
Gambar: khasiat.co.id

Jika membeli wortel langsung di pasar, biasanya wortel masih memiliki daun. Jangan dibuang, menurut Carloline West Passerrelo selaku juru bicara di Academy of Nutrition Dietics, bagian hijau ini mengandung enam kali lipat kandungan vitamin A lebih besar dibandingkan batang wortel. Bagian hijau ini bisa ditumis atau dicampurkan dalam racikan salad.

Selain itu, sayuran ini juga sangat kaya akan kelompok vitamin B-kompleks, yang bekerja sebagai kofaktor untuk enzim metabolisme substrat didalam tubuh. Selanjutnya,ia juga cukup mengandung mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, mangan dan fosfor. Kalium ini merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan melawan efek sodium.

3. Kulit Semangka 
Kulit Semangka
Gambar: cudriec.com

Kulit semangka aman untuk dikonsumsi, dan mengandung sumber alami citrulline, asam amino yang membantu tubuh lebih rilekss, dan melebarkan arteri, bagus untuk tekanan darah. Carilah semangka organik. Kulit semangka bisa dikonsumsi sebagai kudapan menyegarkan di siang hari.

4. Kulit Mentimun
Kulit Mentimun
Gambar: health.rakyatku.com

Banyak yang belum tahu bahwa kulit mentimun mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan mentimunya sendiri. Kulit timun kaya akan vitamin K, yang mendukung kesehatan tulang dan pembekuan darah. Cuci bersih untuk menghilangkan lapisan lilin yang sering digunakan untuk mencegah mentimun menjadi memar saat diangkut. Bisa untuk minuman, lalap atau salad.

Buah ini juga adalah sumber anti – oksidan. manfaat antioksidan yaitu untuk mencegah kerusakan sel akibat  efek dari radikal bebas, juga bermanfaat untuk pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan cara membatasi kerusakan saraf di otak.

5. Kulit Jeruk
Kulit Jeruk
Gambar: viva.co.id

Kulit jeruk juga mengandung nutrisi yang luar biasa. Bagian empelur, atau bagian benang putih yang menutupi permukaan buah, mengandung herperidin, fitnoturien yang terbukti dapat menurunkan kolestrol darah, mengurangi tekanan darah, dan mengurangi peradangan. Bagian empelur serta kulit jeruk mengandung pektin, sejenis serat yang memberi rasa kenyang.

6. Kulit Bawang
Kulit Bawang
Gambar: infoherbalis.com
Kulit bawang kaya akan quercetin antioksidan yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Bagian luar bawang juga cocok untuk dibuat sebagai campuran dari sayuran, atau menambahkan rasa ekstra pada sup maupun kuah kaldu.

Kulit bawang merah mengandung senyawa penting untuk memelihara tubuh tetap sehat. Kandungan serat di dalamnya sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Tak hanya itu bawang ini juga dipercaya memiliki sifat anti karsinogenik atau melawan pertumbuhan sel kanker. 

7. Kulit Kubis
Kulit Kubis
Gambar: mitalom.com
Lapisan luar kubis biasanya selalu dibuang, karena dianggap kotor dan telah terkontaminasi bakteri. Padahal bagian kubis ini mangandung vitamin A, C, dan Bs. Cuci dengan bersih bagian luar kubis, lalu iris tipis, kemudian tumis atau campurkan ke dalam sup.

Itulah tadi beberapa manfaat dari kulit sayuran dan buah yang kaya akan nutrisi.