Sabtu, 28 Oktober 2017

Penyebab Terlalu Sering Pingsan



Pasti Anda mengenal orang yang sering sekali jatuh pingsan. Sebagian orang akan menduga bahwa ada yang salah dari jantung seseorang. Tapi apakah memang pingsan bisa secara otomatis dikaitkan secara langsung dengan penyakit jantung?

Ternyata tidak selalu begitu. Menurut dr Reynold Agustinus Manullang, SpJP, dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta, penyebab terlalu sering pingsan harus dicari tahu dahulu penyebabnya.

"Biasanya orang ke dokter saraf, kalo bingung tidak ketemu penyebabnya lanjutkan pemeriksaan ke dokter jantung," ujar dokter yang akrab di sapa dr Reynold ini.

Pingsan terlalu sering terjadi karena kurangnya suplai oksigen dalam darah yang masuk ke otak. Akibatnya, tubuh menjadi terasa lemah dan diikuti dengan rasa sesak. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan orang yang pingsan?

"Gampang saja, tinggal diminumin pasti dia nggak lama langsung bangun," saran dr Reynold.

Air putih memegang peranan penting karena dapat membantu membawa oksigen untuk tubuh. Karenanya bagi orang yang melakukan aktivitas fisik tinggi misalnya bagi orang-orang yang berangkat haji selalu diimbau untuk banyak minum.

Apabila ibadah di tanah suci tanpa diimbangi konsumsi air mineral yang cukup, risiko untuk pingsan pun bisa menjadi lebih besar.

Namun tetap, bagi orang dengan riwayat jantung, ada baiknya untuk selalu waspada. Ketika Anda terlampau sering pingsan, ini adalah pertanda bahwa perlu diadakan pemeriksaan lebih lanjut mengenai masalah kesehatan jantung Anda.